Inilah 6 Alasan Mengapa Xiaomi Sukses dan Laku Keras



Mike Portal
Xiaomi sedang menjadi buah bibir di mana-mana. Semenjak kehadirannya pada saat peluncuran Redmi 1s hari Rabu minggu lalu, produsen smartphone asal Tiongkok tersebut meningkat popularitasnya di Indonesia. Hampir di semua e-commerce, termasuk Tokopedia, bermunculan pedagang smartphone yang menjual produk Xiaomi.

Tipe yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Redmi 1s yang berada di kelas menengah, hingga Mi 4 yang menjadi smartphone flagship mereka saat ini. Bahkan, beberapa penjual online sudah menawarkan Xiaomi MiPad, tablet Xiaomi terbaru yang populasinya masih langka, bahkan di tanah kelahirannya (Tiongkok) sekalipun. Meskipun harga dari produk Xiaomi masih belum stabil lantaran produk Xiaomi yang dijual banyak yang berasal dari importir umum, namun banyak masyarakat sudah berburu smartphone dan tablet yang digadang-gadang sebagai Apple dari Tiongkok tersebut.

Tidak hanya smartphone dan tablet Xiaomi saja yang sedang ramai dibicarakan, produk aksesoris yang mereka tawarkan pun menjadi incaran para penggila gadget. Sebut saja earphone Xiaomi Piston dan power bank Xiaomi. Memiliki desain yang cantik dan performa yang memuaskan, kedua aksesoris tersebut laris manis di pasaran. Bahkan karena kepopulerannya, tidak jarang ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memproduksi dan menjual barang palsu dari kedua aksesoris tersebut.

Dibalik kepopuleran nama Xiaomi, apakah kamu tahu, sebenarnya apa sih yang membuat Xiaomi menjadi booming? Kenapa perusahaan startup asal Tiongkok tersebut berhasil mencuri perhatian banyak orang? Di bawah ini terlampir beberapa alasan mengapa Xiaomi sukses di pasaran.

1. Harga yang ditawarkan relatif terjangkau

Masalah harga memang cukup sensitif untuk banyak orang. Sepertinya Xiaomi sudah memahami sekali permasalahan soal harga. Maka dari itu, Xiaomi selalu melepas produk mereka dengan harga yang terjangkau, bahkan bombastis. Sebagai contoh, Redmi 1s dijual seharga USD 159.99 atau sekitar 1.9 juta rupiah. Dengan harga segitu kamu bisa mendapatkan smartphone dengan spesifikasi prosesor quad core Snapdragon 400 1.6 GHz, memory ram sebesar 1 GB, memory internal 8 GB dengan slot microSD yang bisa kamu tambahkan hingga 32 GB. Tidak lupa Xiaomi juga menyematkan kamera utama 8 megapiksel dan kamera depan 1.6 megapiksel.


Meskipun memiliki banderol harga yang murah, namun kualitas yang kamu dapatkan ketika menggenggam smartphone Xiaomi jauh dari kata murahan. Meskipun sebagian besar smartphone Xiaomi menggunakan bahan plastik, namun build quality dari produk mereka sangatlah baik. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa pabrikan yang membuat dan merakit smartphone dan tablet Xiaomi adalah Foxconn, yang juga membuat dan merakit iPhone dan iPad dari Apple.

2. Antarmuka MIUI yang menarik dan lancar

MIUI merupakan sebuah custom rom, yakni sebuah rom atau sistem operasi Android yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki perbedaan yang sedikit maupun banyak dengan sistem operasi Android vanilla (asli). Jauh sebelum Xiaomi meluncurkan produk smartphone, MIUI sudah terlebih dulu hadir. MIUI memiliki perbedaan yang cukup mencolok dari Android biasanya. Selain tampilannya yang menarik dan eye catchy MIUI juga memiliki performa yang cukup baik.

Banyak yang mengatakan jika tampilan antarmuka MIUI sangat mirip dengan tampilan antarmuka iOS. Meskipun sekilas terlihat mirip, namun MIUI tetaplah berbeda dengan iOS. Karena dibangun dari sistem operasi Android, MIUI memiliki ciri khas Android yang tidak dimiliki oleh iOS, yakni kebebasan penggunanya untuk memodifikasi tampilan yang ada pada antarmuka. Kamu bisa mengganti tema, widget, icon, maupun font yang digunakan. Tidak hanya sampai disitu, kamu juga bisa mengganti launcher sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

Custom rom MIUI sendiri memiliki sebuah toko tema tersendiri. Di dalamnya, kamu dapat mencari dan mengunduh tema yang tersedia dari pembuat tema yang berkontribusi di toko tema MIUI. Tidak hanya tema secara keseluruhan, kamu juga bisa memodifikasi tampilan secara individual yang sudah disediakan oleh toko tema MIUI. Kamu bisa mengunduh dan memodifikasi lock style, lock screen, icon, home screen, ringtone and notification, dan hal-hal lainnya. Tema tersebut ada yang gratis maupun berbayar. Untuk yang berbayar, kamu bisa mengunduhnya dengan menggunakan MiCredit. Namun sayangnya, MiCredit saat ini hanya bisa dibeli untuk orang yang berdomisili di Tiongkok saja.

3. Adanya pemuktahiran secara berkala

Salah satu yang membuat kamu Xiaomi betah menggunakan produk Xiaomi adalah tersedianya pemuktahiran (update) secara berkala. Tidak seperti merk lain yang hanya melakukan pemuktahiran jika ada bug atau pembaruan baru dari Android, Xiaomi melakukan pemuktahiran yang telah terjadwal untuk menambal bug ataupun menambahkan fitur terbaru dari MIUI. Untuk rom MIUI versi stable dijadwalkan setiap 1 bulan sekali, sedangkan untuk rom MIUI versi developer dijadwalkan setiap 1 minggu sekali.

Untuk dapat melakukan pemuktahiran MIUI, Xiaomi menyediakan berbagai macam cara. Semua cara yang disediakan termasuk mudah untuk dilakukan, bahkan untuk orang yang awam teknologi khususnya Android sekalipun. Cara pertama yang paling mudah adalah melakukan pemuktahiran secara over the air (OTA), yakni dengan cara langsung melakukan pemuktahiran dari menu “Updater” yang sudah disediakan di dalam MIUI. Untuk melakukan pemuktahiran melalui OTA, disarankan kamu menggunakan koneksi yang stabil dan cepat seperti koneksi wifi di rumah atau kantor. Cara kedua adalah dengan mengunduh sendiri pemuktahiran rom yang disediakan di situs resmi MIUI. Setelah diunduh, file pemuktahiran itu dipindahkan dan disimpan ke dalam memory internal maupun microSD yang ada di smartphone/tablet Xiaomi yang kamu miliki. Lalu jalankan pemuktahiran dengan menggunakan menu “Updater”.



Tidak hanya mengeluarkan pemuktahiran, Xiaomi juga meminta feedback dari para penggunanya tentang pemuktahiran tersebut. Dengan feedback tersebut, Xiaomi menjadi mengerti apa saja sebenarnya kebutuhan dan keluhan dari pengguna yang harus disertakan dalam pemuktahiran selanjutnya.

4. Dukungan dari komunitas yang kuat

Jika banyak pengguna Android yang sering menggandrungi forum XDA sebagai tempat untuk mencari dan berbagi informasi seputar rom dan custom rom, Xiaomi memiliki forum tersendiri yang biasa disebut forum MIUI. Forum ini saat ini telah tersedia di 26 negara yang tiap-tiap kontennya sudah dilokalisasi dan menggunakan bahasa negara masing-masing. Di forum tersebut, kamu bisa menemukan informasi seputar rom MIUI, produk Xiaomi, ataupun informasi lain seputar Android. Kamu juga dapat berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan para pengguna rom MIUI ataupun produk Xiaomi lainnya.


Selain tersedianya forum secara online, Xiaomi juga aktif dalam merangkul penggunanya. Mereka sering mengadakan gathering ataupun kumpul-kumpul, sehingga para pengguna Xiaomi dapat berkenalan satu dengan yang lainnya. Di acara gathering tersebut, tidak hanya kumpul-kumpul semata, tapi juga Xiaomi mengajak para penggunanya untuk berdialog dan berdiskusi agar produk mereka dapat lebih baik lagi.

5. Strategi marketing yang tepat

Xiaomi menggunakan strategi marketing yang berbeda dari kompetitornya. Tidak seperti merk lain yang gencar untuk beriklan baik secara offline maupun online, Xiaomi tidak memasang iklan sama sekali. Untuk dapat memperkenalkan produknya ke masyarakat, Xiaomi memanfaatkan hype yang mereka buat. Misalnya saja, seringkali kamu melihat banyaknya pemberitaan mengenai penjualan Xiaomi di media-media online lokal maupun internasional. Ya, Xiaomi sering membuat para penggila gadget heboh dengan metode penjualan flash sale dengan unit terbatas. Hal ini pastinya akan lebih heboh jika disebarkan oleh banyak orang via media sosial ataupun situs-situs berita.



Tidak adanya beban iklan, inilah yang membuat Xiaomi dapat menjual produknya lebih murah dari kompetitor. Memanfaatkan marketing secara viral dari mulut ke mulut dengan memanfaatkan media sosial, forum, maupun situs-situs berita yang meliput hype mereka sudah menjadi marketing gratis. Tentunya akan banyak orang yang melihat dan mengenal Xiaomi tanpa perlu memasang iklan. Cara yang cukup cerdik bukan?

6. Dukungan layanan MIUI yang lengkap

Xiaomi memiliki layanan MIUI yang lengkap dan bermanfaat bagi penggunanya. Contohnya adalah layanan MiCloud, yakni layanan penyimpanan awan secara gratis dari Xiaomi. Kamu bisa menyimpan berbagai macam file seperti foto, video, lagu, dan file lainnya di MiCloud. Xiaomi menyediakan tempat penyimpanan sebesar 10 GB.
Selain MiCloud, Xiaomi juga memiliki toko aplikasi sendiri yang disebut MIUI Market. Di dalam MIUI Market, kamu dapat menemukan berbagai aplikasi yang sama dengan yang dapat kamu temukan di Google Play Store. Hanya saja, di MIUI Market kamu akan menemukan banyak aplikasi lokal buatan developer Tiongkok yang tidak dapat kamu temukan di toko aplikasi lainnya.

Itulah 6 hal yang membuat Xiaomi sukses di pasaran. Kualitas produk yang baik dan dibanderol dengan harga yang terjangkau, adalah sebuah duet maut yang menjadi faktor utama dalam kesuksesan Xiaomi. Layanan pemuktahiran, layanan MIUI, serta merangkul para pengguna juga menjadi resep bagi Xiaomi untuk dapat bersaing dengan merk-merk papan atas lainnya.


Love to hear what you think!