Mozilla Rilis Firefox 15, Inilah Fitur Barunya

New Version Mozilla Firefox

Tingkat persaingan browser untuk komputer, smartphone dan tablet pc semakin seru. Menghadapi persaingan tersebut Mozilla kini telah merilis Firefox 15 untuk komputer, smartphone dan tablet pc. Dalam Firefox 15 terdapat banyak perbaikan fitur-fitur yang menjadi kelemahan di Firefox versi sebelumnya.

Perbaikan pada memori footprint, serta penambahan fitur PDF reader dimana sudah lebih dahulu terdapat di Google Chrome kini hadir di Firefox 15. Tak hanya itu, peningkatan fitur WebGL, dukungan SPDY Protocol yang lebih baik, juga tampilan baru antar muka (user interface) pada smartphone dan tablet ada pada Firefox versi terbaru.

Fitur PDF Firefox 15

Fitur PDF reader memang menjadi hal baru bagi pengguna Firefox. Secara default, Fitur PDF tersebut tidak dalam posisi aktif. Namun bisa diaktifkan dengan cara masuk ke about : config lalu masuk ke setting  dan pilih disable to false.

Sebenarnya pada firefox 12, mozzila telah menerapkan pola update “background updater” pada browser firefox seperti pada Google Chrome, namun banyak pengguna mengeluhkan adanya pop up pada browser mereka disaat terjadi update. Namun kini hal tersebut tidak akan terjadi pada firefox 15.

Untuk Firefox 15, masalah pada besarnya alokasi memori untuk menjalankan browser yang banyak terinstal add-on kini sudah teratasi. Seperti yang kita tahu, browser Firefox akan sangat lambat dijalankan ketika banyak terinstal add-on.

Firefox 15

Penambahan SPDY v3 kini membuat Firefox sejajar dengan Google chrome dimana sangat dibutuhkan untuk mengakses website-website yang mempunyai HTTP versi lama. SPDY v3 bermanfaat untuk multiplexing, perbaikan keamanan pada browser, dan lebih mendukung perangkat mobile yang menjalankan browser.

Versi firefox 15 tersedia untuk Windows, Mac, dan Android. Bagi yang tertarik bisa mendownload Firefox 15 yang sudah tersedia pada website www.mozilla.org.

Mike Portal | sumber : sidomi.com

Love to hear what you think!