Kapan Sebaiknya Meng-install Anti Virus?

Anti Virus Terbaik untuk Komputermu

Mike PortalAda sebagian orang yang baru merasa membutuhkan anti virus setelah komputernya terserang oleh virus. Padahal, saat terbaik untuk menginstall anti virus adalah segera setelah terinstallnya operating system. Ini bahkan sebelum menginstall audio driver.

Menurut penelitian, media terbanyak yang menjadi alat penularan virus adalah flash disc atau data traveler.

Baru setelah itu adalah melalui internet.

Komputer yang sudah terserang virus, hampir tidak ada gunanya lagi diinstallkan anti virus. Yang bisa dilakukan antara lain adalah melakukan scan dengan anti virus portable, misalnya. Tetapi jangan harap ada anti virus yang bisa memulihkan semua data atau fungsi komputer seperti semula. Karenanya, melindungi/mencegah tetap adalah lebih baik daripada mengobati.

Hal penting yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna/pemilik komputer adalah menyiapkan cadangan data. No back up, no sympathy. Simpanlah semua data penting anda dalam format zip atau rar. Untuk itu anda membutuhkan Winzip atau Winrar.

Media penyimpan data back up ini harusnya adalah media yang tidak terhubung setiap saat dengan komputer. Karenanya menyimpan data sebaiknya dilakukan pada keping disc atau pun dalam hard disk cadangan.

Untuk anti virus, ada tiga paket yang disarankan.

1.Avast free dan Avira Personal untuk komputer pengguna software bajakan.

2.Bit Defender dan Norton untuk komputer yang kelas menengah.

3.Kaspersky untuk komputer yang high qualify dan menggunakan software original.

Bit Defender dan Kaspersky yang versi lengkap, adalah termasuk anti virus yang lumayan memberatkan kinerja komputer. Namun, ada juga yang versi gratisnya. Lebih ringan malah. Namun tentu saja tak sesakti yang versi berbayar.

Bagai mana dengan Smadav dan PCMAV?

Maaf, penulis tak yakin kedua software ini memang benar bekerja seperti yang diklaim pengembangnya. Sepertinya Smadav dan PCMAV hanya mampu mendeteksi virus, tetapi tak mampu berbuat banyak setelah itu. Entahlah, tapi pengalaman bertahun-tahun memakai Smadav, baik yang free maupun yang berbayar, hasilnya tak terlalu memuaskan.

Sebenarnya, virus dimaksud banyak memiliki varian. Ada virus, malware, spyware, rootkit, worm, dll. Masing-masing punya karakteristik berbeda dan melakukan kegiatan yang berbeda pula dalam komputer anda.


Bagi yang ingin mengembalikan data yang rusak atau terhapus, disarankan menggunakan ddrescue. Namun bila tak berhasil, bisa mencoba SluethKit. Keduanya adalah aplikasi gratis. Walau SluethKit agak rumit penggunaannya, namun inilah sebenarnya perangkat lunak pemulih data terbaik, hingga sering digunakan oleh CSI dalam investigasi kejahatan.
Selain itu, software pemulih data yang bagus adalah Pandora Recovery dan Paragon Rescue Kit Free. Semuanya gratis.


Penulis Bang Pilot

Love to hear what you think!