Obama Takkan Biarkan Iran Punya Senjata Nuklir


Mike PortalPresiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, pada Senin (22/10/2012) lalu, bersumpah takkan memberi kesempatan kepada Iran untuk memiliki persenjataan nuklir, selama ia masih jadi orang nomor satu di AS.

"Selama saya masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat, Iran tidak akan berhasil memiliki senjata nuklir," ujar Obama dalam debat calon Presiden AS ketiga dan yang terakhir, sebelum Pemilu yang digelar pada 6 November 2012.

Pihaknya, lanjut Obama, juga tidak akan tinggal diam, jika Iran tetap pada rencananya semula, yaitu melancarkan serangan terhadap Israel.

"Israel adalah teman sejati, mereka adalah sekutu terbesar kami. Jika Israel diserang, Amerika akan berdiri bersama Israel," ucapnya seperti dikutip dari Channelnewsasia.com, Selasa (23/10/2012).

Meski begitu, Romney, pesaingnya, menuduh Obama telah gagal menghentikan laju perkembangan program nuklir Teheran, yang dinilai Pemerintah Israel dan Barat bertujuan mengembangkan bom nuklir.

"Adalah hal yang benar untuk memberlakukan sanksi yang melumpuhkan, tapi menurut saya lebih tepat adalah semakin memperketat sanksi," tutur Romney.
"Iran, menurut saya dalam empat tahun ke depan akan memiliki persenjataan nuklir," paparnya.

Love to hear what you think!