Tips Agar Kembali Fit Usai Penerbangan Panjang

Begitu menginjakkan kaki di kabin pesawat, pada dasarnya kita menjadi semacam bagasi. Kita tidak bisa melakukan apa pun untuk mengurangi lamanya perjalanan terbang dan juga tidak bisa membuat tempat duduk menjadi lebih nyaman. Hanya diri sendiri yang dapat membantu pemulihan dari rasa letih usai penerbangan panjang.

Kuncinya, rencanakan perjalanan dengan sebaik mungkin dan lakukan beberapa langkah sederhana untuk mempercepat hilangnya rasa letih begitu menginjak tanah kembali. Berikut adalah langkah-langkah untuk membantu tubuh tidak merasakan efek buruk penerbangan, semisal jet lag dan mempermudah kita mengatur perjalanan dengan lebih baik.

Langkah 1
Jadwal pertemuan di tempat tujuan anda berdasarkan zona waktu tempat Anda berangkat. Hal ini memungkinkan anda untuk tetap fokus dan berada pada kondisi terbaik selama pertemuan tersebut, terutama jika Anda mengambil perjalanan pendek dengan perputaran yang cepat.

Langkah 2
Minum banyak air selama penerbangan anda. Kabin pesawat sangat lah kering dan dehidrasi membuat tubuh lebih sulit pulih. Jika anda tidak yakin Anda bisa mendapatkan air di pesawat, beli lah air di bandara setelah anda melewati keamanan. Beberapa negara menerapkan peraturan untuk tidak membawa cairan dalam jumlah besar sebelum melewati pos pemeriksaan keamanan, namun anda dapat membeli air sesudahnya. Segera lah minum air begitu sampai di tempat tujuan dan hindari minuman mengandung alkohol dan kafein di pesawat. Alkohol dan kafein bersifat deuretik yang dapat membuat tubuh kekurangan cairan.

Langkah 3
Ukur waktu kedatangan dan rencanakan kapan waktu tidur dan waktu terbangun anda, termasuk saat di pesawat. Jika anda sampai pada sore atau malam hari, kemungkinan anda akan letih dan ingin segera tidur begitu mendarat. Namun jika anda sampai di tempat tujuan pagi hari, usahakan tertidur selama perjalanan sehingga anda tetap segar begitu mendarat.

Langkah 4
Lakukan olah raga, walau hanya sebentar. Misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar kabin pesawat secara berkala. Namun apa bila anda tidak dapat keluar dari tempat duduk, lakukan perenggangan kecil di sekitar leher dan kaki anda. Sesampainya di bandara, coba lah kembali melakukan berolah raga kecil. Hal ini membantu memperlancar aliran darah anda dan mencegah nyeri tubuh. Kegiatan itu juga mampu mempercepat tubuh pulih dari keletihan usai penerbangan.

Langkah 5
Minum minuman berkafein setelah anda mendarat, jika anda sampai pada pagi hari. Dan hindari tidur pada pagi atau siang hari. Kopi, teh, atau minuman bersoda mampu membuat anda terjaga hingga malam hari sehingga anda dapat tertidur pada malam hari dan mempertahankan pola tidur anda. Namun sebaliknya, hindari minuman berkafein pada malam hari agar siklus tidur anda tidak terganggu.

Langkah 6
Berolah raga lah pada pagi hari begitu anda mendarat. Lakukan kegiatan tersebut di luar ruangan di bawah cahaya matahari atau di arena olah raga yang terang benderang. Cahaya terang dan aktivitas membantu tubuh anda mengatur ulang waktu dalam diri secara alami dan mempercepat pemulihan anda. Jika anda kesulitan untuk bangun,atur lah jam alarm untuk membangunkan anda.


Mike Portal | sumber: tempo.co

Love to hear what you think!